Selasa, 12 April 2016


CROSSTITCH            

    Crosstitch ataun Kristik adalah seni yang telah lama dikenal oleh manusia. Peninggalan arkeologi di Mesir kuno membuktikan jenis kerajinan tangan ini telah dikembangkan sekitar dua ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidaklah terlalu mengherankan karena membuat kristik, yang biasa juga disebut tusuk silang, terbilang amat mudah dipelajari dan bila ditekuni dapat menjadi hobi yang bermanfaat dan cukup menghasilkan. Pada dasarnya, membuat kristik adalah membuat jahitan bersilang (crossed) menurut pola yang dipilih.
    Kristik (Crosstitch / Point de croix) adalah salah satu tehnik menyulam yang mudah diwujudkan. Prinsip utamanya adalah membuat dua garis yang menyilang secara diagonal. butuh kesabaran, kerajinan, ketelitan, ketekunan untuk menghasilan sebuah sulaman yang indah. dengan hadirnya teknologi-teknologi yang canggih. sudah banyak paketa komplit untuk membuat kerajinan kristik. 
      Berawal dari sebuah hobi saya bisa mengantongi beberapa pundi-pundi rupiah. Dengan modal kesabaran dan keteltian saya mulai menggeluti dunia tusuk silang. Meski kadang di buat pusing tapi bagiku bukanlah penghalang yang mengharuskan saya untuk berhenti meng xxxx. seiring berjalannya detak jarum jam, tanpa keluh kesah saya menyelesaikan rangkaian rangkaian pola. super sekali saat aida yang awalnya putih bersih berubah menjadi pemandangan yang membuat mata enggan untuk berkedip. 
          Pujian, sanjungan, mulai berdatangan di telingaku. sampai akhirnya orang-orang mulai percaya dengan hasil sulamanku. tak sampai hati jika jasaku mulai di gandrungi pecinta kristik. syukur alhamdulilah selalu aku sampaikan. 
           Khusus para kristiker sejati jika berkenan bisa hubungi saya,,,,
Inilah hasil pertamaku, masih buanyak lagi lainnya. . .
mulai dari belum tau apa itu aida, belum tau apa itu ngegrid, apa itu dome, apa itu fullstitch, apa itu haflstitch, apa itu backstitch. semua aku belajar sambil bekerja. yang aku tahu hanyalah kristik lokal alias kristik jadul. namun perlahan mulai ku kuasai. cantik bukan,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar